Thursday, December 6, 2012

PROGRAM KERJA WAKA KURIKULUM


BAB I
PENDAHULUAN
Sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. SMK al=KHOZINI  Gondanlegi Ganjaran sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.

B. VISI, MISI DAN TUJUAN SMK al-KHOZINI

1.    Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Kompetensi yang tersirat maupun tersurat dalam tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan menengah merupakan amanah yang harus diwujudkan oleh satuan pendidikan, yaitu kompetensi yang dimiliki para lulusannya. Kompetensi tersebut sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP), Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dan Standar Mata Pelajaran (SM-MP). Berdasarkan standar kompetensi lulusan dan kondisi obyektif satuan pendidikan, arah pengembangan SMK al-KHOZINI dapat dicermati melalui visi, misi dan tujuan sekolah.

2.    Visi
Memiliki kualitas yang berorientasi pada mutu lulusan yang berkualitas dengan penguasaan Iptek dan Imtaq yang mampu bersaing dalam dunia global, yang  berjiwa budaya karakter bangsa.
Indikator:
1.      Lulusan yang berbudi pekerti luhur dan menjunjung tinggi nilai agama dan  budaya bangsa.
2.      Lulusan yang kompetitif mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri.
3.      Lulusan yang terampil dan memiliki kecakapan hidup sesuai dengan perkembangan dunia global.
4.      Lulusan yang profesional siap bekerja dan siap jadi pengusaha, dapat melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi serta dewasa dalam menyelesaikan segala persoalan.
5.      Lulusan yang santun berbudi pekerti luhur dan menunjang tinggi nilai agama, budaya, dan bangsa.
6.      Sekolah yang berstandar nasional.

3.        Misi
Mengacu pada visi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah kejuruan, misi sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
1.    Melaksanakan pembelajaran, bimbingan, dan pelatihan secara efektif.
2.    Menumbuhkan semangat keunggulan kompetitif secara sehat kepada  seluruh warga sekolah.
3.    Menumbuh kembangkan kepribadian didasarkan kepada nilai-nilai agama. Budaya masyarakat, dan bangsa indonesia.
4.    Menyelenggarakan pelatihan bidang teknologi informatika komputer dalam rangka penguasaan kecakapan hidup.
5.    Meningkatkan mutu pendidikan bidang teknik komputer dan informatika secara bertahap sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman.
6.    Melaksanakan bimbingan dan pelatihan bidang teknik komputer dan informatika berdasarkan nilai – nilai kedisiplinan.
7.    Melaksanankan bimbingan kecakapan hidup sesuai dengan perkembangan dunia global.

4.        Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah kejuruan, maka tujuan SMK al-KHOZINI dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
1.         Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada DU/ DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
2.         Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
3.         Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.         Mendidik siswa agar memiliki life skill yang senafas visi pesantren, punya komitmen, disiplin dan berkarakter.
5.         Mencetak siswa yang mampu bersaing dalam dunia kerja dan atau jadi pengusaha yang sukses.
6.         Dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

B. DASAR HUKUM
1.    Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.    Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
3.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
4.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
5.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
6.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
1.         Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum dan KTSP
2.         Terlaksananya pembelajaran dengan moving class secara tertib
3.         Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang bidang studi
4.         Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran diatas KKM

D. TUJUAN PROGRAM WAKAKURUKULUM
1.         Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas Pembelajaran  yang sesuai dengan misis,visi dan tujuan sekolah SMK al-KHOZINI
2.         Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran
3.         Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru







BAB II
RINICIAN KEGIATAN PROGRAM KURIKULUM

Dalam pelaksanaan program kurikulum telah disusun beberapa langkah penyusunan strategi program sbb :  
Strategi 1
Rincan Kegiatan :
1.         Penyusunan Kalender Pendidikan
2.         Perencanaan dan Pembagian Kelas
3.         Pembagian Tugas Mengajar
4.         Pembagian Tugas Tambahan (guru piket)
5.         Penyusunan Jadwal Mengajar
Strategi 2
Rincian Kegiatan
1.         Melaksankan pelatihan peningkatan pemahaman KTSP
2.         Pembuatan kurikulum
3.         Pembuatan silabus
4.         Pembuatan RPP
5.         Mengadakan MGMP
6.         Mengadakan pelatihan PTK
Strategi 3
Rincian Kegiatan :
      1. Pengadaan buku penunjang guru
              a. pendataan kebutuhan buku
              b. perencanaan kebutuhan pengadaan buku
              c. pembelian buku
              d. infentarisasi buku
      2. Pengadaan media pembelajaran untuk masing-masing bidang studi
             a. pendataan media pembelajaran yang diperlukan
             b. perencanaan kebutuhan bahan
             c. pembuatan media pembelajaran
      3. Pengadaan bahan/alat praktikum untuk mata pelajaran kimia, fisika dan komputer
             a. pendataan kebutuhan bahan/alat
             b. perencanaan kebutuhan pengadaan bahan/alat
             c. pembelian bahan/alat
Strategi 4
Rincian Kegiatan :
1.    Pembuatan jurnal kelas
2.    Pengaktifan daftar hadir guru
3.    Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar
4.    Mengoptimalkan tugas guru piket
Strategi 5
Rincian Kegiatan :
1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran (Ulangan Harian & Ulangan Blok)
2. Pembuatan rekap hasil evaluasi (Ulangan Blok Tengah dan Akhir Semester)
3. Pendataan siswa yang kurang berprestasi di bidang akademik untuk
mendapatkan bimbingan dari guru BK
4. Pendataan siswa berprestasi di beberapa bidang bidang khususnya dalam   bidan kejuruan TKJ, MM dan Tatabusana
BAB III
PROGRAM KERJA YANG MENDUKUNG DAN TIDAK TERJADWAL

PROGRAM KERJA
1.    Meningkatkan rata-rata jumlah Nilai Ujian Nasional (Pusat) untuk masing-masing program.
2.    Meningkatnya jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi pilihan
3.    Meningkatnya kegiatan belajar di perpustakaan
4.    Meningkatnya prestasi dan jumlah perolehan kejuaraan lomba sesuai dengan kompetensi masing-masing dan olimpiade.

Kekuatan/Pendukung Program :
    1. Jumlah guru memadai
    2. Jumlah siswa sesuai dengan jumlah maksimal
    3. Alat praktek  dan leb yang cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswa/siswi
    4. Buku Pegangan Guru dan siswa cukup

Kelemahan/Penghambat Program :
1. Beberapa input kurang mencapai harapan
2. Motivasi belajar siswa tidak sesuai dengan harapan sebagian guru
3. Pengaruh lingkungan yang tidak mendukung
4. Pengaruh negatif media elektronik


Rincian Kegiatan :
1. Penyusunan Program Sukses UN
2. Pemberitahuan kepada Orangtua/Wali Siswa
3. Penjadwalan kegiatan
4. Penyediaan buku-buku soal untuk diujicobakan
5. Pembuatan rangkuman materi atau soal tambahan (Diktat Materi)
6. Pengaktifan pelaksanaan
7. Pelaksanaan intensifikasi khusus ( listening & materi mapel yang kurang )
8. Pemberian tambahan transport kepada guru yang terkait
9. Evaluasi pelaksanaan program
10. Pelaporan hasil intensifikasi

Strategi  : Meningkatkan uji coba UN dengan soal-soal dan try-out (menyesuaikan dengan SKL UN)
Rincian Kegiatan :
1. Mengevaluasi hasil UN tahun lalu
2. Menyusun jadwal uji coba
3. Melaksanakan uji coba UN
4. Mengevaluasi hasil uji coba
5. Menindaklanjuti hasil uji coba
6. Memberikan tambahan transport kepada guru yang terkait
7. Mengevaluasi pelaksanaan uji coba
8. Melaporkan hasil ujicoba
Strategi : Meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
Rincian Kegiatan :
1. Menginventaris kekurangan kebutuhan buku penunjang untuk siswa utamanya untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan UN/SPMB
2. Penambahan buku penunjang dan latihan soal untuk mata pelajaran UN
3. Penambahan buku pengetahuan umum dan berbahasa inggris
4. Pengadaan Koran & majalah yang diperlukan siswa untuk membuat kliping dan yang lainnya
5. Pengadaan buku leteratur untuk mata pelajaran berorientasi kelas nternasional
6. Pengadaan layanan perpustakaan dengan komputer
7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait

Strategi : Mengefektifkan kegiatan olimpiade & ektrakurikuler akademik
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa peserta kegiatan olimpiade mata pelajaran ekstrakurikuler
bahasa inggris dan ekstrakurikuler komputer
2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)
3. Penyusunan jadwal kegiatan latihan/tes
4. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
5. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
6. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba
7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait
Strategi : Pemberian Layanan Terhadap Siswa Berprestasi (Kelas Unggulan)
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa reguler yang mengikuti layanan pretasi
2. Penyusunan program layanan prestasi
3. Pendataan guru Pembina layanan prestasi
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Melaksanakan pembinaan
6. Melaksanakan tindak lanjut hasil tes setelah pembinaan dengan
mengikutsertakan dalam lomba-lomba
7. Pemberian beasiswa untuk semua tingkat kelas (kelas unggulan)
8. Pemberian penghargaan siswa berprestasi akademik (peringkat paralel) pada
masing-masing tingkat kelas
Strategi : Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR) (bila anggaran memungkinkan)
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa yang berminat/berpotensi dalam penyusunan karya ilmiah
2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)
3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan dalam KIR
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
7. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba
8. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang terkait

PROGRAM KERJA
Pengembangan Profesionalisme Pelaku Pendidikan
Sasaran/Target :
1.    Terlaksananya Proses Pemebelajaran sesuai dengan pengembangan kurikulum yang berlaku
2.    Meningkatnya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran
3.    Terlaksananya kegiatan penelitian tindakan kelas
4.    Terlaksananya pembelajaran berbasis TIK
Kekuatan/Pendukung Program :
     1. Adanya beberapa guru yang telah mengikuti work shop KBK & life skill
     2. Sarana dan prasarana pembelajaran memadai
     3. Tenaga edukatif memiliki semangat dan dedikasi yang cukup
Strategi : Pengembangan Profesionalisme Guru (KBM)
Rincian Kegiatan :
1. Mendata guru masing-masing mata pelajaran
2. Membentuk Koordinator mata pelajaran
3. Mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP Kabupaten/Workshop
4. Melengkapi perangkat mengajar
5. Membahas materi pembelajaran dan metode yang sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi
6. Mengevaluasi hasil kegiatan
8. Mengikutsertakan guru untuk diklat peningkatan profesionalisme sesuai dengan mata pelajarannya
Strategi : Pembinaan Penelitian Tindakan Kelas
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan guru yang bersedia melaksanakan penelitian tindakan kelas
2. Pembagian kelompok sesuai dengan kelompok mata pelajaran
3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan PTK
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
7. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang  terkait 

No comments:

Post a Comment