Monday, November 26, 2012

PENENTUAN KKM


PEDOMAN PENENTUAN KRETERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM) Tahun Pelajaran 2012-2013
                                                 
A.    RAMBU-RAMBU KKM
·         KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran;
·         KKM ditetapkan oleh forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran;
·         Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100;
·         Nilai KKM khusus Mata Pelajaran Produktif, dengan rentang 70 – 100;
·         Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100;
·         Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal;
·         Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS;
·         Untuk menentukan KKM per mata pelajaran, perlu mempelajari Kurikulum terlebih dahulu ( SK, KD, dan Indikator )

B.     MEKANISME ATAU LANGKAH-LANGKAH PENENTUAN KKM
KKM
INDIKATOR



KKM
SK
KKM
MP
KKM
KD

 




C.     KRETERIA PENETAPAN KKM
·         Kompleksitas
·         Daya Dukung
·         Intake Siswa
Ø  Kompleksitas adalah tingkat kesulitan dan kerumitan setiap INDIKATOR/KD yang harus dicapai oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :
ü  SDM : - memahami kompetensi yang harus dicapai siswa;
- kreatif dan inovatif dalam melaksakan pembelajaran.
ü  WAKTU : butuh waktu lama karena perlu pengulangan
ü  PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi
Ø  Kemampuan daya dukung yang dimaksud adalah ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.
Ø  Intake ( Tingkat Kemampuan Rata-Rata Siswa )
·         KKM Kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Raport Kelas 3 SMP/ MTs/Dikdas 9 Tahun/ Paket B, Test seleksi masuk atau psikotes
·         KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnya.

D.    MENAFSIRKAN KRETERIA MENJADI NILAI
a.       Dengan menggunakan rentangan nilai pada setiap kriteria :
1.      Kompleksitas              : -    Tinggi       =  50 – 64
-          Sedang    =  65 – 80
-          Rendah    =  81 – 100
2.      Daya Dukung              : -    Tinggi       = 81 – 100
-          Sedang    = 65 – 80
-          Rendah    = 50 – 64
3.      Intake                          : -    Tinggi       = 81 – 100
-          Sedang    = 65 – 80
-          Rendah    = 50 – 64
Ø  Jika indikator memiliki kriteria : Kompleksitas Sedang, Daya Dukung tinggi, dan Intake Sedang, maka nilai KKM-nya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan.
Ø  Dalam menentukan rentangan nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran tingkat sekolah.
       Contoh : PENENTUAN KKM  INDIKATOR – KKM  KD – KKM  SK – KKM  SEMESTER (KKM   
               MATA PELAJARAN)
§  KD – 1  :  Indikator                  1        =  70
                                                              2        =  60
                                                              3        =  65
                                                 Rata-rata       = 65  KKM  KD-1

§  SK – 1  :                      KD         1       =  65
                                    KD         2       =  75
                                    KD         3       =  70
                                    KD         4       =  65
                                     Rata-rata        = 68 KKM  SK – 1

§  SK – 2  :                      KD         1       =  60
KD         2       =  65
KD         3       =  70
Rata-rata         =  68 KKM  SK- 2

     KKM  SK -1  +  KKM  SK -2             68  +  65
§  KKM  Mata Pelajaran =                                                       =                            =  67
                           2                                            2





KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kreteria Penetapan Ketuntasan

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Siswa
Nilai KKM

1.1  Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsure-unsur terbentuknya Negara

§  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
§  Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
§  Menganalisis pengertian Negara dan unsure terbentuknya Negara
§  ……dst



SEDANG
75

    TINGGI
55


SEDANG
78
TINGGI
90

SEDANG
80


TINGGI
85



SEDANG
70

SEDANG
70


SEDANG
70

74,77
(KKM KD-1)

78,3
(KKM INDIKATOR)
68,3
(KKM INDIKATOR)

77,6
(KKM INDIKATOR)









PEDOMAN PENAFSIRAN KKM
Cara Pertama
Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :

1.       Kompleksitas                 :       - Tinggi              = 1
                                                                - Sedang          = 2
                                                                - Rendah          = 3
2.       Daya dukung                  :       - Tinggi              = 3
                                                                - Sedang          = 2
                                                                - Rendah          = 1
3.       Intake                               :       - Tinggi              = 3
                                                                    - Sedang          = 2
                                                                    - Rendah          = 1

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à KKM menjadi :
(3 + 3 + 2) x 100 = 88
      9
 












TAHAPAN RANAH KOGNITIF
PENGETAHUAN (C-1)     
Mengingat
Menghafal
Menyebut
PEMAHAMAN (C-2)
Menerangkan
Menjelaskan
Membedakan
PENERAPAN (C-3)
Menghitung
Menerapkan
Membuktikan
Menentukan
ANALISIS (C-4)
Memilih
Membedakan
Membagi
SISTESIS (C-5)
Merangkai
Merangcang
Mengatur
EVALUASI (C-6)
Mengkritik
Menilai 
Menafsirkan

TAHAPAN RANAH PSIKOMOTOR
PENIRUAN (P-1)    
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan

MENIPULASI (P-2)
Mengoreksi
Merancang
Memilah
Memasang
Merangka
PENGALAMIAHAN (P-3)
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
ARTIKULASI (P-4)
Mempertajam
Membentuk
Memandakan 

TAHAPAN RANAH AFEKTIF
MENERIMA (A-1)  
Memilih
Memeprtanyakan
Mengikuti

MENANGGGAPI (A-2)
Membantu
Menjawab
Mengajukan
MENILAI (A-3)
Mengasumsikan
Menyakini
Melengkapi
MENGELOLA (A-4)
Menganut
Mengubah
Menata
MENGHAYATI (A-5)
Meyalani
Mempengaruhi
Mendengarkan


Kata Kerja Ranah Kognitif
Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Sintesis
Penilaian
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan

Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menentukan
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Memproses
Meramalkan
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Megkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi

Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan



Kata Kerja Ranah Afektif
Menerima
Menanggapi
Menilai
Mengelola
Menghayati
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati

Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan

Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
No
Klasifikasi Tingkat Kompetensi
Kata Kerja Operasional yang Digunakan
1
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

1.         Mendeskripsikan (describe)
2.         Menyebutkan kembali (recall)
3.         Melengkapi  (complete)
4.         Mendaftar (list)
5.         Mendefinisikan (define)
6.         Menghitung (count)
7.         Mengidentifikasi (identify)
8.         Menceritakan (recite)
9.         Menamai (name)
2
Memproses (processing)

1.         Mensintesis (synthesize)
2.         Mengelompokkan (group)
3.         Menjelaskan (explain)
4.         Mengorganisasikan (organize)
5.         Meneliti/melakukan eksperimen (experiment)
6.         Menganalogikan (make analogies)
7.         Mengurutkan (sequence)
8.         Mengkategorikan (categorize)
9.         Menganalisis (analyze)
10.     Membandingkan (compare)
11.     Mengklasifikasi (classify)
12.     Menghubungkan (relate)
13.     Membedakan (distinguish)
14.     Mengungkapkan sebab (state causality)

3
Menerapkan dan mengevaluasi

1.         Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)
2.         Membuat model (model building)
3.         Mengevaluasi (evaluating)
4.         Merencanakan (planning)
5.         Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating)
6.         Memprediksi (predicting)
7.         Menduga/Mengemukakan pendapat/ mengambil kesimpulan (inferring)
8.         Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting)
9.         Menggeneralisasikan (generalizing)
10.     Mempertimbangkan /memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating)
11.     Membayangkan /mengkhayalkan/ mengimajinasikan (Imagining)
12.     Merancang (designing)
13.     Menciptakan (creating)
14.     Menduga/membuat dugaan/ kesimpulan awal (hypothezing)

  
Kata Kerja Ranah Psikomotorik
Menirukan
Memanipulasi
Pengalamiahan
Artikulasi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus

Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Menseketsa
Melonggarkan
Menimbang

No comments:

Post a Comment